Tuesday 29 October 2013

Filled Under:

Cara menambah logo sistem operasi pada Burg



Assalamualaikum sahabat mumulala,
senang sekali bisa berbagi lagi. Kali ini saya akan berbagi tips cara mengedit tema grub, tipsnya sederhana saja menyembunyikan mode pemulihan dan megganti logo sistem operasi.

Menyembunyikan Mode Pemulihan (Recovery Mode)
Secara default recovery mode akan masuk menu entri burg. Bila anda tidak membutuhkan entri recovery mode lebih baik disembunyikan saja biar enak dipandang, tidak ada logo yang dobel.

Untuk menyembunyikan mode pemulihan kita perlu menyunting /etc/default/burg
$ sudo gedit /etc/default/burg
Cari baris
# Uncomment to disable generation of recovery mode menu entries
#GRUB_DISABLE_LINUX_RECOVERY="true"

ganti dengan / hapus tagar
# Uncomment to disable generation of recovery mode menu entries
GRUB_DISABLE_LINUX_RECOVERY="true"

Mengganti/menambah logo Burg
Tidak semua distro linux didukung oleh tema burg tergantung yang membuat tema burg. Untuk distro-distro turunan biasanya tidak terdeteksi sehingga ditampilkan dengan logo sebagai sistem operasi yang tidak dikenal.

Karena saya menggunakan pearOS dan tema Metro, maka akan saya contohkan dengan tema Metro. PearOS tidak didukung oleh tema ini sehingga saya menggantinya dengan logo OS X. Buka nautilus root( sudo nautilus ) buka direktori /boot/burg/themes/Metro.







Nah, untuk mengganti logo yang tidak didukung kita perlu menambahkan sistem operasi ke daftar +class caranya tinggal edit icons pada folder icons. Sekarang tinggal membuat gambar logo normal_pearos.png dan dan hover_pearos.png, pada contoh diatas saya menyalin dari logo OS X.

Selesai mengedit burg kita perlu memperbarui burg $ sudo update-burg




Pada gambar diatas sudah saya edit. Anda bisa mengunduh tema burg metro disini.





0 comments:

Post a Comment